Powered by Blogger.

12/10/2017

Tag:

Pesantren Non Formal, Solusi Pendangkalan Iman pada Masyarakat Batak Muslim

Pendirian pesantren non formal dapat menjadi solusi penguatan akidah pada masyarakat Muslim Batak khususnya yang berada di Toba yang sekarang mencakup beberapa kabupaten.

Hal itu diakibatkan kondisi masyarakt Muslim sangat minoritas yang mempunyai domisili tetap. Kebayakan merantau sebagaimana komunitas lainnya.

H. Julkifli Marbun, MA, pendiri Pesantren Siniang, dalam sebuah diskusi di grup Whatsapp Forum Alumni dan Walisantri Pesantren Al Kautsar Al Akbar baru-baru ini, berbagai kegiatan pesantren dapat dijadikan menjadi inovasi untuk mengatasi pendangkalan akidah.

Sebagaimana diketahui, ribuan perantau Muslim akan kembali setiap tahunnya ke kampaung halaman di Tobasa, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara dan lain sebagainya, untuk ziatah ke makm-makam orang tua mereka yang mendahului.

Momen seperti ini dapat dijadikan sebagai ajang 'pesantren kilat' dalam durasi 3-5 hari untuk memberi penguatan iman kepada angota keluarga saoppu atau satu keturunan.

Selain pesantren kilat, beberapa inisiatif yang dilakukan warga Batak Muslim belakagan  ini adalah pengajian se-marga, rumah tahfiz, majlis taklim satu ompung, perwiritan satu kampung dan lain sebagainya.

Pesantren non formal juga dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu pesantren non formal yang sudah berkembang adalah Pesantren Nurul Kholil yang dapta dilihat di sini: (baca)

Berikut ini adalah bagian dari kurikulumnya:

Pendidikan Non Formal
● Forum Kajian Kitab Kuning
● Majlis Musyawarah Mingguan & Bulanan (M3B)
● Forum Musyawarah Kubra (FMK)

Biro Dan Lembaga
● Lembaga Pengajaran Al-Qur'an (LPQ)
● Jam'iyah Qurra' Wal Huffadz (JQWH)
● Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Arab & Inggris
● Ikatan Seni Hadrah Indonesia (ISHARI) Al-Muta'allimin
● Jam'iyah Shalawat Anaasyidusshafa
● Majlis Ta'lim, Dzikir Dan Shalawat Asrorul Musthofa
● Kursus Komputer (Reguler, Privat & Teknisi)
● Kelompok Bimbingan Haji (KBIH) Asshafa
● Himpunan Santri & Alumni Nurul Cholil (HISAN)

About Admin2

Blog ini dibuat oleh Ketua PMPS periode ketiga secara pribadi untuk silaturrahmi. Usai pergantian kepengurusan,blog dipertahankan sebagai media bagi mempererat dan menyimpan memori yang baik.

0 comments:

Post a Comment

 

Ads