Powered by Blogger.

6/17/2018

Tag:

Pesantren 'Kilat' Saoppu, Momentum Dakwah Warga Batak Muslim Saat Mudik Lebaran

ilustrasi
PARJAKARTA -- Warga Batak Muslim yang merantau di berbagai tempat di Indonesia maupun luar negeri memanfaatkan liburan Lebaran 2018 untuk mudik Idul Fitri.

Di berbagai media sosial, Facebook, Instagram dan lainnya terlihat momen silaturahmi yang khidmat antara perantau dengan keluarga di kampung halaman.

Waktu libur yang panjang diisni dengan berbagai kegiatan, mulai dari saling berbagai pengalaman, tadabbur ilmi dan instrospeksi untuk kemajuan bersama serta diakhiri dengan wisata bersama.

Berbagai kegiatan ini menjadi 'Pesantren Kilat' Saoppu (baca) bagi masyarakat Batak Muslim di Bonapasogit.

Tokoh Punguan Muslim Pakkat di Jabodetabek (PMPS), H. Julkifli Marbun, MA, pernah menggagas berdirinya pesantren saoppu di kalangan masyarakat Batak.

Mantan ketua PMPS dan alumni Pesantren Al Kautsar Al Akbar ini mengatakan momenum Lebaran, Idul Adha, Haul dan hari besar lainnya, merupakan waktu yang tepat untuk kegiatan Pesantren Saoppu.

Untuk warga Pakkat, Humbang Hasundutan misalnya, akan berdiri Pesantren Saoppu Sihotang, Marbun, Hutagalung, Purba, Sigalingging, Manalu, Pardosi, Pandiangan, Sinaga, Simamora dan lain sebagainya.

Selamat Hari Raya Idul Fitri.

About Admin2

Blog ini dibuat oleh Ketua PMPS periode ketiga secara pribadi untuk silaturrahmi. Usai pergantian kepengurusan,blog dipertahankan sebagai media bagi mempererat dan menyimpan memori yang baik.

0 comments:

Post a Comment

 

Ads